Tentang Cyber


Akhir - akhir ini kita sering mendengar istilah Cyber . bagi yang tidak tahu mugkin kata Cyber sangat asing atau juga menakutkan. tentunya bagi pengguna internet tidak asing lagi untuk istilah Cyber, kata tersebut banyak ditemukan di penelusuran google. ada Indonesia Cyber Community, Wonosobo Cyber Community, Sastra Cyber,Kebudayaan Cyber, Perang Cyber, Penjahat Cyber, dll.

Jadi apakah Cyber itu ?
Banyak definisi mengenai istilah cyber salah satunya Cyber adalah kebudayaan yang terbentuk karena semakin membudayanya aktifitas manusia menggunakan elektronisasi.

Dampak Cyber ?
Cyber merupakan suatu pengetahuan, dapat berdampak positif maupun negatif.

Contoh dampak negatif (Kejahatan Cyber)
Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain
Membajak situs Web
Probing dan port scanning
Denail of Service (DoS)
Distributed DoS (DDos) attack
Kejahatan yang berhubungan dengan nama domain.

dampak negatif dari cyber dapat mengakibatkan kerugian dipihak lain, diluar negri seperti di Amerika, Korea melakukan pendekatan terhadap cybercrime dengan :
Amerika Serikat memiliki Computer Crime and Intellectual Property Section (CCIPS) of the Criminal Division of the U.S. Departement of Justice. Institusi ini memiliki situs web yang memberikan informasi tentang cybercrime. Namun banyak informasi yang masih terfokus kepada computer crime.
The National Information Infrastructure Protection Act of 1996
National Infrastructure Protection Center (NIPC) merupakan sebuah institusi pemerintah Amerika Serikat yang menangani masalah yang berhubungan dengan infrastruktur. Institusi ini mengidentifikasi bagian infrastruktur yang penting (critical) bagi negara (khususnya bagi Amerika Serikat). Situs web: . Internet atau jaringan komputer sudah dianggap sebagai infrastruktur yang perlu mendapat perhatian khusus. Institusi ini memberikan advisory
Korea memiliki Korea Information Security Agency yang bertugas untuk melakukan evaluasi perangkat keamanan komputer & Internet, khususnya yang akan digunakan oleh pemerintah.
Bagaimanakah di Indonesia ? .... 

Contoh dampak Positif Terbentuknya suatu komunitas baru, yang didalamnya dapat sharing berbagai pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. contohnya Indonesia Cyber Community, Wonosobo Cyber Community dll.

Post a Comment

0 Comments